Wamendag dalam Lintas Teknologi Solution Day



Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga memberikan pengarahan dalam acara Lintas Teknologi Solution Day dengan tema ÔÇťOrchestrating Technologies to Boost Economic Growth” yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (6 Des).

Dalam arahannya, Wamendag mengatakan bahwa ekonomi digital Indonesia pada 2021 mencapai sekitar Rp980 triliun atau 5,7% dari PDB. Pada 2030, ekonomi digital Indonesia diproyeksikan menyumbang 18% dari PDB, yaitu sekitar Rp4.531 triliun.

Menurut Wamendag, saat ini, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dari sisi perdagangan tercermin dari pertumbuhan niaga elektronik yang signifikan. Sepanjang semester I 2022, transaksi niaga elektronik meningkat secara nominal sebesar 22,1% (yoy) hingga mencapai Rp227,8 triliun dan secara volume meningkat sebesar 39,9% (yoy) hingga mencapai 1,74 juta transaksi.

Wamendag menambahkan, kegiatan niaga elektronik merupakan kegiatan yang bersifat lintas sektor. Pemerintah perlu bekerja sama dengan para pemangku kepentingan dalam menentukan arah kebijakan pengembangan, meningkatkan pertumbuhan dan membangun ekosistem niaga elektronik yang kondusif.

Wamendag mengapresiasi Lintas Teknologi yang telah memberikan perhatian kepada ekosistem ekonomi digital Indonesia dengan menyelenggarakan kegiatan ini untuk menjadi media diskusi seluruh pemangku kepentingan di bidang penyedia teknologi untuk menjawab tantangan, risiko, serta peluang dinamika perkembangan ekonomi digital ke depan.